Penelitian Teknik Elektro…

Penelitian Teknik Elektro bidang Kedirgantaraan


Saat ini dunia penerbangan sedang berkembang sangat pesat, hal ini seiring dengan semakin pewatnya pertumbuhan penumpang pesawat di dunia. banyak bandara didirikan, dan berbagai pesawat didatangkan di negeri ini. Lebih dari 50% kebutuhan di industri penerbangan adalah bidang avionik. Banyak alat navigasi yang dulu menggunakan teknologi analog, kini sudah beralih ke digital. Dan ternyata saat ini perkembangan kebutuhan transportasi udara belum dapat diimbangi oleh ketersediaan sumber daya manusia yang handal di negara kita.

Departemen Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta merupakan salah satu departemen yang memiliki komitmen memajukan pendidikan dan berusaha menyediakan alumni yang unggul di bidang keahlian Teknik Elektro Kedirgantaraan.

Dengan misi menjadi departemen yang unggul di bidang kedirgantaraan, Departemen Teknik Elektro STTA selalu berusaha untuk memimpin kemajuan di bidang pendidikan dan penelitian di bidang Teknik Elektro kedirgantaraan. Usaha ini juga dalam rangka untuk mencetak para alumni Teknik Elektro dari konsentrasi Elektronika Penerbangan (Avionik) dan Elektronika Telekomunikasi agar dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa dan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Elektro Kedirgantaraan. Avionik di antaranya meliputi navigasi, telekomunikasi, sistem kendali terbang, radar, dan sistem manajemen terbang. Semua itu hanya didapat di Teknik Elektro STTA.

Dengan harapan menjadi tempat belajar yang  kompetitif di bidang teknik elektro kedirgantaraan, Departemen Teknik Elektro STTA memberikan kesempatan dan mendorong para mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi di bidang teknik elektro terutama di bidang kedirgantaraan melalui serangkaian penelitian bersama dosen.

Di bawah ini adalah beberapa tema penelitian yang telah diselesaikan oleh mahasiswa Teknik Elektro STTA dan berpeluang dapat dimanfaatkan dan diteruskan untuk dikembangkan oleh mahasiswa Teknik Elektro STTA dalam bentuk skripsi.

  1. Rancang Bangun Receiver menggunakan Antena 1090 MHz dan Low Noise Amplifier untuk Menambah Jarak Jangkau Penerimaan Sinyal dan Data Parameter Target ADS-B berbasis RTL820T2
  2. Estimasi Jarak dari Data IMU menggunakan Kalman Filter
  3. Rancang Bangun Alat Ukur Jarak dan Peringatan pada Visual Docking Guidance System menggunakan Sensor Lidar
  4. Simulasi Komunikasi Data Altitude dan Airspeed Pesawat pada ARINC 429
  5. Pengaruh Penggunaan Perturb & Observe pada MPPT terhadap Daya Keluaran Sel Surya
  6. Pengukur Tegangan True RMS Jala-Jala Listrik Berbasis Mikrokontroler ATmega 328P
  7. Karya Penelitian mahasiswa Teknik Elektro lain

Bagi mahasiswa Teknik Elektro yang berminat mengembangkan penelitian tersebut di atas dapat menghubungi dosen pembimbing penelitian tersebut.

Penelitian bidang Teknik Elektro lain dapat dilihat di Jurnal TeknikElektro AVITEC
Copyright 2020 @ Departemen Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, Yogyakarta